Menu-Menu Pada BIOS Beserta Penjelasannya

Oke kali ini saya akan berbagi sedikit mengenai fungsi menu pada BIOS,yaa walaupun gk begitu penting yang pasti saya hanya ingin sekedar berbagi,yaa gk ?
disini saya akan menjelaskan menu BIOS Lenovo G405s bererta sedikit penjelasannya,langsung aja simak dibwah ini :

Untuk mengoperasikan BIOS pada laptop saya berikut ini adalah tombol-tombol yang di gunakan beserta fungsinya yang pertama adalah tombol F1 digunakan untuk memanggil bantuan / panduan umum jika anda kebingungan sewaktu mengoperasikan BIOS ini,esc untuk keluar ke menu sebelumnya,anak panah di gunakan untuk memilih menu yang akan di buka,enter di gunakan untuk masuk ke menu yang telah dipilih,F5/F6 digunakan untuk mengganti Value berupa disable / enable,F9 digunakan untuk mengembalikan settingan BIOS pada semula,F10 di gunakan untuk keluar dan menyimpan settingan BIOS.Dan berikut ini adalah gambar menu-menu BIOS beserta penjelasannya :


Pada menu information kita dapat mengetahui informasi tentang PC / latop yang sedang kita pakai.Pada gambar diatas menunjukkan Product name adalah lenovo G405s,bios version 83CN16WW(v1.05),dan lain-lain.Pada menu ini informasi sederhana pada PC / Laptop anda dapat diketahui.




Pada menu configuration pilihan USB legacy ada dua pulihan yaitu disable / enable,jika anda memilih disable maka port USB anda jika ditancapkan USB maka tidak akan terdetect sebaliknya jika anda memilih enable maka USB yang anda tancapkan akan terdetect.


Pada pilihan menu wireless juga ada dua pilihan yaitu disable dan enable,jika anda memilih disable maka driver wireless anda tidak akan mendeteksi wifi yang ada di sekitar anda,sebaliknya jika anda memilih enable maka driver wireless anda akan mendeteksi wifi yang ada di sekitar anda.


Berikutnya pilihan menu SATA Controller Mode terdapat dua pilihan AHCI dan Compatible,jika anda memilih AHCI memungkinkan driver SATA controller untuk mendukung fitur-fitur canggih seperti Native Command Queuing dan Hot Plug.Jika anda memilih compatible maka secara otomatis akan menyesuaikan dengan driver-driver yang lain.


Pada pilihan menu configuration yang ketiga yaitu Graphic Device terdapat dua pilihan yaitu switable graphic dan UMA graphic,jika anda memilih pilihan switable graphic maka graphic PC / Laptop anda akan disesuaikan dengan switable graphic dan jika anda memilih UMA graphic maka graphic PC / Laptop anda akan disesuaikan dengan UMA graphic.

Pada menu power beep terdapat dua pilihan juga yaitu disable dan juga enable,jika anda memilih disable maka power beep anda akan dononaktifkan,tapi jika anda memilih disable maka power beep anda akan diaktifkan.


Pada pilihan menu SVM support terdapan dua pilihan yaitu disable dan enable,jika anda memilih disable maka sistem pendukung SVM akan dinonaktifkan,sebaliknya jika anda memilih enable maka sistem pendukung SVM akan di aktifkan.


Pada pilihan menu ini yaitu BIOS back flash terdapat dua pilihan yaitu disable dan enable.Jika anda memilih pilihan disable maka BIOS back flash akan dinonaktifkan ini berpengaruh pada kecepatan PC / Laptop anda mengingat fungsi dari BIOS back flash adalah untuk meningkatkan kecepatan motherboard dalam memproses.Sebaliknya jika anda mengaktifkan pilihan ini dengan cara memilih enable maka kecepatan PC / Laptop anda akan bertambah cepat.


Untuk menu BIOS yang ketiga yaitu security,sesuai dengan namanya menu ini di gunakan untuk mengatur keamanan sistem PC / Laptop anda,pada menu ini anda bisa memberikan password login ke OS anda maupun password utuk mengakses harddisk anda.

Pada menu BIOS yang satu ini anda dapat memilih mode booting yang ingin anda terapkan pada PC / Laptop anda,pilihan-pilihan ini dapat juga di gunakan sewaktu akan menginstal ulang PC / Laptop anda dengan cara menekan F12 maka akan muncul menu seperti bawah ini.

Pada pilihan boot mode terdapat dua pilihan yaitu UEFI dan Legacy support,jika anda memilih UEFI maka prosses booting PC / Laptop anda akan dialihkan ke mode UEFI,dan jilka anda milih Legacy Support maka prosses booting PC / Laptop anda akan dialihkan ke mode legacy.


Pada pilihan boot priority terdapat dua pilihan yaitu UEFI First dan Legacy First,jika anda memilih pilihan UEFI First maka prioritas booting akan ditujukan pertamakali pada UEFI sedangkan jika anda memilih Legacy first maka prioritas booting pada PC / Laptop anda akan di tujukan pertama kali pada legacy.


Pada pilihan menu USB port terdapat dua pilihan yaitu enable dan disable,jika anda memilih pilihan disable maka proses booting PC / Laptop anda tidak akan booting melalui USB port namun jika anda memilih enable maka prosses booting PC / Laptop anda akan dialih kan ke USB port,biasanya jika pada waktu install ulang pilihan enable ini akan diaktifkan jika anda menginstalnya pada mode unebooting yaitu menggunakan flaskdisk untuk penginstalannya.

Dan pilihan yang terakhir pada menu boot adalah PXE Boot to LAN,pada pilihan ini terdapat dua pilihan yaitu disable dan enable,jika anda memilih disable maka prosses booting PC / Laptop anda tidak akan booting melalui LAN,sebaliknya jika anda memilih enable maka PC / Laptop anda akan dialihkan prosses bootingnya melalui jaringan LAN.



Unutk menu BIOS yang terakhir adalah exit,pada menu ini terdapat beberapa pilihan yaitu exit saving changes,jika anda memilih pilihan ini maka setting yang telah anda tetukan akan tersimpan sekaligus keluar dari menu BIOS pilihan ini dapat juga di pilih dengan cara menekan F10 lalu pilih yes,pilihan yang ke dua yaitu exit discarding changes,jika anda memilih pilihan ini maka anda akan keluar BIOS tanpa menyimpan settingan yang telah anda tentukan,pilihan yang ketiga yaitu discard changes dimana pilihan yang telah anda tentukan tidak akan tersimpan dan anda akan tetap berada pada menu BIOS dan pilihan yang terakhir adalah save changes diamana settingan yang telah anda tentukan akan tersimpan dan anda tetap berada pada menu BIOS.

Bagi yang butuh reverensi lain bisa klik disini atau disini

Cukup sekian update pada hari ini semoga dapat bermanfaat,dan yang pasti selalu berbagi karena berbagi merupakan sebagian dari iman :D
Share:

10 komentar:

  1. gan saya mau nanya donk, kan saya pilih boot priority nya Legacy First, kok tiba" cuma berhenti di logo Lenovo aja gak bisa masuk bios lagi, solusinya gmana ya gan??

    BalasHapus
  2. Terimakasih sob, sangat membantu sekali tutorialnya..

    BalasHapus
  3. Cara keluar ke menu windows gimn ya gan

    BalasHapus
  4. Bang penjelasan launch CSM

    BalasHapus
  5. Gan gunanya UEFI NETWORK STACK apa yaaa

    BalasHapus
  6. Artikel macam apa ini Nggak dapat pencerahan gua. cuma enable-disable, kagak usah di jelasin juga uda tau gua. Gk usah nulis blog lu dah

    BalasHapus
  7. Memang bener sih .. Mohon maaf bukan maksud untuk tidak menghargai... Tapi emang yang dijelasin disni cman transiltan di item specific help doang... Yang bisa digunain pakek google translate...

    BalasHapus